Tips Perawatan Motor Supra Fit 2004
Tips Perawatan Motor Supra Fit 2004 - Sudah tidak perlu ditanyakan lagi keunggulan motor bebek Honda. Kecanggihan teknologi yang diterapkan membuat Honda kerap merajai pasar motor bebek. Belum lagi inovasi yang diimplementasikan pada produk sepeda motornya, membuat Honda lovers merasa nyaman saat membesut didukung dengan mesin yang irit bahan bakar.
Namun dari itu semua yang namanya perawatan motor tidak boleh ditinggalkan. Perawatan motor bebek dengan motor matic itu sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun pada beberapa titik, ada bagian-bagian motor yang harus diperiksa pada motor bebek. Berikut tips perawatan motor bebek Honda, agar selalu mendapatkan performa yang optimal.
Berhubung saya tidak memiliki sepeda motor baru, dan hanya punya motor jadul di rumah. Saya hanya bisa berbagi tips merawat motor jadul saja ya. Gak mungkin dong saya menulis merawat motor baru.
Walau tergolong jadul sepertinya gak jadul-jadul amat dech. Sepeda motor yang saya miliki keluaran tahun 2004 merk supra fit. Bisa dibilang tidak terlalu jadul ya kan.
Tapi walau tidak baru, tarikannya masih oke dan maknyus. Maklum onderdilnya asli memakai merk Aspira. Saya tidak mau memakai merek yang lain apalagi kw - kw yang harganya miring. Alhasil motor jadul saya jadi maknyus. Tetap seperti baru walau sudah jadul.
Memang sih agak berat diongkos sedikit untuk biaya servis saat ada penggantian onderdil, tapi tidak bolak-balik ganti onderdil. Itulah kelebihan sparepart merk Aspira ini. Saya bukan sekedar membanggakan karena ikut lomba blog aja. Tapi kenyataannya memang demikian dan sya sudah membuktikannya sendiri.
Oke kembali ke topik, untuk tips merawat motor jadul agar tetap awet, caranya sebagai berikut:
Cek Kondisi Oli
Oli mesin sangat berperan untuk performa mesin karena berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, seperti piston, seher, ring seher, kruk as, dan lain-lain. Oleh karena itu jika keberadaan minyak pelumas yang sudah kehitam-hitaman atau tingkat kekentalan oli sudha berkurang, maka sebaiknya diganti.
Cek kondisi Aki
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang berakibat bias mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Selain itu, baterei accu yang sudah lemah dapat merusak part lain.
Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai motor bebek kamu terlalu kendur atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari gir dan apabila terlalu kencang bisa mengakibatkan rantai putus. Pada tahap ini juga cek kondisi gir, apabila sudah tajam segera ganti karena dapat memutuskan rantai secara tiba-tiba.
Periksa Kabel Koil dan Busi
Keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi juga perlu diperhatikan. Jika sudah cukup umur dan terlihat ada retakan atau pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti.
Selang Bensin
Komponen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah selang bensin ke karburator. Cek apakah selang bensin motor bebek kesayangan masih lentur atau sudah mengeras. Cek juga apakah terjadi retakan pada titik-titik tertentu, karena bagian dalam selang bias jadi sudah tidak elastis dan menimbulkan serbuk kotor yang akan terbawa ke karburator yang akhirnya menghambat suplai bensin ke mesin.
Panaskan Mesin Paling Lama 5 Menit
Panaskan mesin ketika hendak memakainya. Tidak perlu lama-lama cukup 2-5 menit saja. Cara ini dilakukan untuk menaikan oli di dalam mesin untuk naik dan melumasi bagian dalam mesin yang bergerak.
Periksa Tekanan Angin Ban
Jangan terlalu keras dan jangan kurang juga, karena dapat berakibat kembangan ban rusak.
Nah itu saja tipsnya tidak ribet dan tidak merepotkan. Malah kalau kita malas meraawat kendaraan, kitalah yang akan repot nanti saat kendaraan kita mogok di jalan.
Namun dari itu semua yang namanya perawatan motor tidak boleh ditinggalkan. Perawatan motor bebek dengan motor matic itu sebenarnya tidak jauh berbeda. Namun pada beberapa titik, ada bagian-bagian motor yang harus diperiksa pada motor bebek. Berikut tips perawatan motor bebek Honda, agar selalu mendapatkan performa yang optimal.
Berhubung saya tidak memiliki sepeda motor baru, dan hanya punya motor jadul di rumah. Saya hanya bisa berbagi tips merawat motor jadul saja ya. Gak mungkin dong saya menulis merawat motor baru.
Walau tergolong jadul sepertinya gak jadul-jadul amat dech. Sepeda motor yang saya miliki keluaran tahun 2004 merk supra fit. Bisa dibilang tidak terlalu jadul ya kan.
Tapi walau tidak baru, tarikannya masih oke dan maknyus. Maklum onderdilnya asli memakai merk Aspira. Saya tidak mau memakai merek yang lain apalagi kw - kw yang harganya miring. Alhasil motor jadul saya jadi maknyus. Tetap seperti baru walau sudah jadul.
Memang sih agak berat diongkos sedikit untuk biaya servis saat ada penggantian onderdil, tapi tidak bolak-balik ganti onderdil. Itulah kelebihan sparepart merk Aspira ini. Saya bukan sekedar membanggakan karena ikut lomba blog aja. Tapi kenyataannya memang demikian dan sya sudah membuktikannya sendiri.
Oke kembali ke topik, untuk tips merawat motor jadul agar tetap awet, caranya sebagai berikut:
Cek Kondisi Oli
![]() |
Kondisi Oli |
Oli mesin sangat berperan untuk performa mesin karena berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin, seperti piston, seher, ring seher, kruk as, dan lain-lain. Oleh karena itu jika keberadaan minyak pelumas yang sudah kehitam-hitaman atau tingkat kekentalan oli sudha berkurang, maka sebaiknya diganti.
Cek kondisi Aki
![]() |
kondisi Aki |
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang berakibat bias mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Selain itu, baterei accu yang sudah lemah dapat merusak part lain.
Periksa Rantai dan Gir
![]() |
Rantai dan Gir |
Jangan biarkan rantai motor bebek kamu terlalu kendur atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari gir dan apabila terlalu kencang bisa mengakibatkan rantai putus. Pada tahap ini juga cek kondisi gir, apabila sudah tajam segera ganti karena dapat memutuskan rantai secara tiba-tiba.
Periksa Kabel Koil dan Busi
![]() |
Periksa Kabel Koil |
Keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi juga perlu diperhatikan. Jika sudah cukup umur dan terlihat ada retakan atau pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti.
Selang Bensin
![]() |
Selang Bensin |
Komponen selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah selang bensin ke karburator. Cek apakah selang bensin motor bebek kesayangan masih lentur atau sudah mengeras. Cek juga apakah terjadi retakan pada titik-titik tertentu, karena bagian dalam selang bias jadi sudah tidak elastis dan menimbulkan serbuk kotor yang akan terbawa ke karburator yang akhirnya menghambat suplai bensin ke mesin.
Panaskan Mesin Paling Lama 5 Menit
Panaskan mesin ketika hendak memakainya. Tidak perlu lama-lama cukup 2-5 menit saja. Cara ini dilakukan untuk menaikan oli di dalam mesin untuk naik dan melumasi bagian dalam mesin yang bergerak.
Periksa Tekanan Angin Ban
Jangan terlalu keras dan jangan kurang juga, karena dapat berakibat kembangan ban rusak.
Nah itu saja tipsnya tidak ribet dan tidak merepotkan. Malah kalau kita malas meraawat kendaraan, kitalah yang akan repot nanti saat kendaraan kita mogok di jalan.
Info ini sangat berguna untuk pengguna sepeda motor supra fit seperti saya dan mungkin yg lainnya.
BalasHapusTerima kasih