Cara merawat Vespa dengan Mudah - Siapa sih yang tidak tahu sama motor yang satu ini? Pastinya kalian semua pada tahu kan? Ditambah lagi, motor vespa masih eksis sampai sekarang karena banyak para pecinta motor antik dan klasik yang keren banget ini. Bukannya tidak ada uang untuk membeli motor baru yang lebih bagus dan memiliki teknologi canggih, tetapi kalau sudah suka sama motor vespa antik pasti susah untuk berpindah ke lain hati. Nah, kali ini Saya akan mencoba berbagai cara perawatan Vespa PX dan Excel, supaya motor tua nan antik ini awet dan tetap terjaga performanya. Bukan sekedar mesin yang harus dirawat, namun bagian lain kaya Body, karburator, dan busi juga harus dirawat dengan rutin supaya performa vespa tetap terjaga.
berikut cara perawatan Vespa yang bisa dilakukan sendiri:
1. Cek aki
 |
aki |
- Untuk sejumlah Vespa generasi 80-an, sudah memanfaatkan aki untuk menghidupkan mesin. Komponen yang satu ini cukup vital sehingga butuh jadwal pengecekan rutin. Pasalnya, kalau tidak dirawat, seperti halnya pada motor lain, di kepala aki sering timbul kerak yang membuatnya tidak berfungsi optimal. Untuk membersihkannya mudah, lepas kepala aki siram dengan air panas dan sikat.
2. Jangan lupakan kran bensin
 |
kran bensin |
- Beberapa tipe Vespa sudah memiliki 2 tangki khusus yang memisahkan antara oli dan bensin. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah agar bensin dan oli tidak tercampur sebelum waktunya yang bisa membuat Vespa mogok.
3. Cek Karburator
 |
Karburator |
- Karburator adalah suku bagian dari vespa yang paling sering mengalami masalah. Jika tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa anda akan kerepotan sendiri saat membawa vespa anda. Terutama saat mogok dijalan.
- Beberapa hal yang membuat karburator bermasalah biasanya karena tersumbat. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya bersihkan secara berkala karburator anda dari kotoran-kotoran. Anda bisa menggunakan kompresor pada spunyer dan komponen lain.
4. Cek Kabel Versneling
 |
Kabel Versneling |
- Kerusakan lain yang mungkin terjadi adalah sulitnya melakukan perpindahan gigi. Ini bisa diakibatkan oleh kabel versneling yang longgar atau kendor.
- Untuk memperbaiki dan merawatnya, setelah pada posisi gigi 4, setel kabel satunya lagi ke posisi gigi 1. Perhatikan juga posisi nya, jika ada kesalahan akan menyebabkan oper gigi menjadi kacau.
5. Cek Busi
 |
Busi Vespa |
- Selain karburator, busi juga sering menjadi penyebab permasalahan pada motor tua, tidak hanya vespa, tapi semua merk motor tua. Akibatnya bisa jadi motor vespa anda boros busi karena terlalu seringnya diganti. Namun jika kita teliti, sebenarnya hal ini diakibatkan kesalahan dalam memilih oli samping. Selain itu juga kombinasi bahan bakar yang tidak tepat.
- Agar tidak terlalu sering mengganti busi, sebaiknya anda rajin memeriksa keadaan busi anda. Jika terdapat kotoran atau kerak, bersihkan dengan menggunakan sedikit bensin dan amplas, sedangkan bagian dalamnya bisa diberishkan menggunakan kawat. Tapi jangan merendam busi kedalam bensin.
6. Cek Body Vespa
 |
Body Vespa |
- Semua orang juga tau kalau hampir keseluruhan badan vespa menggunakan besi. Besi sangat rentan terhadap karat, oleh karena itu anda harus segera melapisinya dengan cat jika melihat tanda-tanda karat.
- Selain itu segera bersihkan bodi vespa jika terdapat lumpur. Terutama bagian bawah vespa.
Demikian artikel tentang cara merawat vesva dengan Mudah semoga bermanfaat bagi Anda.
Komentar
Posting Komentar